Minggu, 14 Februari 2016

Kampus Akademi Terapi Wicara


AKADEMI TERAPI WICARA – YAYASAN BINA WICARA
JAKARTA




Untuk kalian yang bingung untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, jangan bingung untuk mencarinya. Saat ini kampus Akademi Terapi Wicara yang berada di bawah naungan Yayasan Bina Wicara telah membuka pendaftaran setiap tahunnya bagi siswa siswi yang baru lulus dari SMA. Kampus ini Telah Terkreditasi Kemenkes RI No. Hk. 06.01 / IV / 3 / 00353 /2010 tahun 2010. Izin Penyelenggara Pendidikan Kementrian Pendidikan Nasional RI Koord. Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III  No. 5084 / D / T / K-III / 2010 tahun 2010.
Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ATW merupakan kebanggaan tersendiri, karena akademi yang pertama kali merintis sebagai terapi wicara di Indonesia dan hanya satu-satunya untuk wilayah Jabodetabek. Kuliah di ATW menjadi bagian dari generasi muda yang berprestasi sehingga dapat mengharumkan bangsa.

TERAPIS WICARA :

Terapis Wicara adalah profesi tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi melakukan penanganan untuk gangguan bahasa, wicara, suara, irama kelancaran, dan gangguan menelan. Kondisi yang membutuhkan terapi wicara sebagai contoh Autisme, tuna rungu, mental reterdasi, down syndrome, celah bibir langit-langit, post stroke, gagap, dan latah.

PROGRAM PENDIDIKAN DIPLOMA III (D III) :

Program Diploma III merupakan program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan keterampilan di bidangnya khususnya terapis wicara. Mahasiswa siap kerja dan mampu bersaing secara global. Mahasiswa diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu menguasai dalam bidang kerja, sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di rumah sakit, klinik, sekolah yang memiliki anak berkebutuhan khusus, pusat tumbuh kembang anak serta stroke center.

JALUR SELEKSI :

Untuk kalian yang berminat menjadi mahasiswa Akademi Terapi Wicara perlu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, yaitu :
1.      Lulusan SMA/SMU sederajat berbagai jurusan.
2.      Usia maksimal 35 tahun saat mendaftar.
3.      Tinggi badan :
-          Wanita minimum 145 cm
-          Pria minimum 150 cm
4.      Melengkapi administrasi
5.      Fotokopi ijazah / STTB yang telah dilegalisir
6.      Pas foto berwarna (lima bulan terakhir)
-          Ukuran 4x 6 sebanyak 4 lembar
-          Ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
7.      Lulus seleksi uji tulis dan uji kesehatan
8.      Lulus seleksi uji komunikasi
9.      Bersedia tidak hamil selama proses pendidikan

Materi Ujian :
1.      Matematika
2.      Bahasa Inggris
3.      IPA ( Biologi, Fisika, dan Kimia )
4.      Bahasa Indonesia

VISI DAN MISI
AKADEMI TERAPI WICARA – YAYASAN BINA WICARA

VISI :
Menyediakan terapis wicara lulusan Akademi Terapi Wicara – Yayasan Bina Wicara Jakarta yang kompeten dan unggul dalam memberikan pelayanan terapi wicara dan bangga terhadap almamater, serta memiliki karakter sebagai warga Negara Indonesia pada tahun 2017.

MISI :
1.      Menyelenggarakan progam pendidikan yang kredibel, transparan, dan demokratis yang berorientasi pada proses dan hasil belajar yang bermutu.
2.      Membina sumber daya manusia yang handal, berdedikasi, menjunjung tinggi norma dan etika serta jiwa wirausaha.
3.      Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, canggih, aman, dan nyaman.
4.      Menerapkan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan dalam mengelola institusi pendidikan.

LOKASI

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi terapis wicara dan ingin membantu orang-orang yang telah mengalami kekurangan, silahkan mendatangi kampus AKADEMI TERAPI WICARA di Jln. Kramat VII/27 Jakarta Pusat 10430. Telp/Fax : (021) 3140636. Email : atw_ybw@yahoo.co.id


9 komentar:

  1. Ummi, saya seorang ibu dari anak ABK tempat tinggal di Purwakarta. Pengalaman saya sulit sekali mencari seorang terapis wicara karena rata2 sangat sibuk dan jdwalnya sangat padat.Ingin sekali belajar dg benar ttg TW sampai terfikir ingin kuliah TW. Untuk anak saya dan siapa tahu saya bisa membantu tmn2 di purwakarta yg mempunyai masalah sama dg saya. Adakah saran dari ibu kmn saya harus belajar agar saya mempunyai keterampilan dan pengtahuan yg detail ttg TW? Apa harus kuliah formal(usia saya 36 th) ataukah ada lembaga khusus lain utk itu? terima kasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu bisa mencari TW di tempat terdekat ibu tinggal, dan di kampus Akademi Terapi Wicara merupakan pendidikan formal, salah satu pesyaratan usia saat mendaftar maksimal 35 tahun

      Hapus
  2. Selamat siang Ummi, saya seorang bapak dari anak penderita autis dan terlambat bicara. Saya sblmnya bulan Juli 2016 memutuskan untuk pensiun dini dari pekerjaan saya sebagai masinis kereta api. Anak saya berusia 7 tahun saat ini. Sdh 3 tahun menjalani therapi di RS HERMINA BEKASI KOTA. Usia saya saat ini 40 tahun. Saya sdh semenjak 5 tahun yg lalu bercita-cita untuk membuka tempat terapi sendiri, dengan menabung dan menyisihkan sebagian gaji saya untuk membangun tempat therapi sendiri, khususnya untuk anak saya. Ummi, msh bisakah saya mendaftar menjadi siswa disini. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu persyaratan usia saat mendaftar maksimal 35 tahun pak.

      Hapus
  3. Selamat siang Ummi, saya seorang bapak dari anak penderita autis dan terlambat bicara. Saya sblmnya bulan Juli 2016 memutuskan untuk pensiun dini dari pekerjaan saya sebagai masinis kereta api. Anak saya berusia 7 tahun saat ini. Sdh 3 tahun menjalani therapi di RS HERMINA BEKASI KOTA. Usia saya saat ini 40 tahun. Saya sdh semenjak 5 tahun yg lalu bercita-cita untuk membuka tempat terapi sendiri, dengan menabung dan menyisihkan sebagian gaji saya untuk membangun tempat therapi sendiri, khususnya untuk anak saya. Ummi, msh bisakah saya mendaftar menjadi siswa disini. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Mohon informasi utk pendaftaran mahasiswa baru kapan mbak umi salamah tp 2017_2018 mks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendaftaran sudah mulai dibuka bulan April sampai dengan 9 Agustus 2017. silahkan ibu liat di facebook nya Atw Ybw untuk info lengkapnya.

      Hapus
    2. Ass mba,saya wirna
      Saya sudah daftar gel pertama,jadwal tes nya tanggal 17 juli 2018,tapi saya ga tau jam berapa nya,pas pendaftaran saya sudah tanyakan tapi katanya ntar juga di sms kok,sampai sekarang belum ada sms mba,kira2 jam berapa ya mbak?

      Hapus
  5. Ass mbak umi saya dari Padang, adek saya ingin mendaftar kuliah di atw.. Bagaimana cara dan syarat nya mbak umi? Terimakasib

    BalasHapus